Langkah Awal Membuat Website (Pengenalan)

Berbicara tentang website tentu tidak lepas dari dunia Web development, Hosting, Domain, DNS, Server, cPanel dan masih banyak lagi yang berbau website. Jadi apabila anda ingin bergelut dalam karir sebagai webmaster, maka anda perlu mengetahui terlebih dahulu prinsip dasar dan cara kerja sebuah website serta istilah-istilah dasar yang bakal sering anda temui dalam dunia web master.
Jika apabila andai anda bertanya manfaatnya kenapa harus mempelajari terlebih dahulu tentang cara kerja website, prinsip dasar serta istilah-istilah, pasti jawabannya karena mempermudah anda untuk melakukan management web hosting dengan cPanel serta agar supaya anda tidak linglung, bingung dan muntah darah dengan istilah-istilah yang akan anda sering jumpai nanti. Bukankah untuk membuat lampu hidup anda harus kenalan dulu sama Om thomas alfa edison. Eh….:P

Apa itu Website?

Ketika anda dan kita semua mengakses sebuah halaman situs atau bahasa susahnya browsing, sebagian dari anda bukan kita akan mengetikkan kata www di depannya. Misalnya ketika anda ingin mengakses internet positif maka anda akan mengetikkan www.internetpositif.com, ketika anda ingin mengakses bebasweb maka anda akan mengetikkan www.bebasweb.net atau ketika anda ingin mengakses niagahoster.com maka anda akan mengetikkan www.niagahoster.com. Sekarang yang jadi pertanyaan apaan itu barang yang bernama www?

WWW

jeng jeng jeng…. akhirnya kita tiba di permulaan acara yaitu membahas www. Baik, karena batin dan kopi sudah siap maka kita sudah bisa memulainya. Pertama, apa itu www? (ini sudah mulai serius)
www merupakan sebuah singkatan (bukan benda) dari World Wide Web bukan wik wik wik, atau sering kita bicarakan atau dengar dengan sebutan website dan kebanyakan disebut web saja. (tolong dihapal buat ujian nanti)
Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses diseluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan kumpulan komponen yang bisa terdiri dari teks, gambar, suara, video, animasi dan lain sebagainya. (ini juga dihapal buat ujian nanti)

Semua Informasi website tersimpan di sebuah webserver yang dikelolo oleh seseorang(sebut saja dia admin). Informasi yang tersimpan di webserver tersebut umumnya akan ditampilkan dalam bentuk HTML (Hypertext Markup Language).
Dengan menggunakan perangkat yang mirip seperti komputer, website dapat diakses dengan menggunakan sebuah software atau program aplikasi yang disebut web browser. Contoh-contoh browser: Chrome, Mozilla firefox, Microsoft edge, Opera dan lain sebagainya.

Cara Kerja Website

Untuk memahami cara kerja sebuah web dengan baik, silahkan perhatikan gambar dibawah ini:
GAMBARimg style=”width: 500px; height: 600px;” alt=”” /

  1. Pengunjung website mengetikkan alamat website, misalnya www.bebasweb.net.
  2. Melalui jaringan internet, pengunjung melakukan request alamat www.bebasweb.net ke registrar.
  3. Registrar adalah perusahaan tempat dimana bebasweb.net terdaftar, registrar memerintahkan DNS server untuk mencari alamat www.bebasweb.net.
  4. DNS server menemukan alamat www.bebasweb.net dan memerintahkan hosting server untuk memberikan file-file yang diminta oleh pengunjung.
  5. File-file yang diberikan oleh hosting server diterima dan diterjemahkan/ditampilkan oleh web browser.

GAMBARimg style=”width: 500px; height: 600px;” alt=”” /

Apa itu Hosting

Setelah kita mengetahui bahwa website adalah Sebuah halaman informasi yang terdiri dari komponen data yang dapat berupa teks, gambar, video, audio, dan lain sebagainya. Nah… Agar dapat diakses oleh orang lain melalui jaringan internet maka komponen-komponen dalam sebuah website harus diletakkan disebuah tempat yang juga terkoneksi internet.
Tempat tersebut yang kita kenal dengan istilah server. Server ini seperti layaknya komputer/PC yang kita gunakan dirumah atau warnet dan bagian komponen-komponennya tidak jauh berbeda dengan PC pada umumnya, Seperti ada RAM, Hardisk, CPU, memory dan lainnya sebagainya.
GAMBARimg style=”width: 500px; height: 600px;” alt=””
Apabila anda ingin menggunakan komputer/PC dirumah maka harus interkoneksi dengan jaringan internet. Tapi ada syarat yang harus diperhatikan sebelum mencobanya.
Pertama
Agar dapat melayani permintaan pengunjung yang akan mengakses website kita selama 24 jam penuh maka komputer/PC server harus dalam keadaan menyala selama 24 jam penuh. Jika kita mematikan komputer server maka website kita tidak bisa diakses(Offline) dan apabila website yang sering terjadi offline maka website akan dijauhi oleh pengunjung dan mesin pencari. Menyalakan komputer 24 jam penuh memiliki resiko terjadi penurunan performa komponen komputer/PC sehingga umur komputer/PC tidak bertahan lama ditambahkan beban biaya listrik yang membengkak.(bagai buah simalakama)
Kedua
Website kita nentinya akan menerima permintaan(request) dari pengunjung. Semakin banyak request dari pengunjung maka kinerja komputer/PC server kita akan terbebani, jika komputer/PC kita tidak bisa memproses permintaan dari pengunjung lagi maka website kita akan tumbang(down). Untuk itulah komputer server harus memiliki spesifikasi khusus yang jauh diatas spesifikasi rata-rata komputer rumahan dan warnet, jadi persiapkan dana extra.
Ketiga